Rabu, 13 April 2011

Istigasah Jangan Bebani Siswa

Ilustrasi
Wakil Menteri Pendidikan Nasional Fasli Jalal mengatakan, maraknya sekolah yang menggelar doa bersama (istigasah) menjelang pelaksanaan ujian nasional merupakan hal yang wajar. Hal itu, menurutnya, salah satu cara untuk mengurangi stres para siswa.

"Berbagai cara cooling down, seperti doa bersama ataupun outbond, yang dilaksanakan sekolah untuk menghindari terjadinya stres dan supaya siswa dapat lebih fokus, saya rasa sah-sah saja," kata Fasli kepada Kompas.com, Rabu (13/4/2011) di Jakarta.

Akan tetapi, Fasli berharap waktu pelaksanaan istigasah tidak mengambil waktu berharga para siswa untuk mempersiapkan diri. Sekolah diminta tidak membebani siswa dengan berbagai kegiatan yang digelar menjelang pelaksanaan ujian nasional.

"Kami harap sekolah jangan mengambil waktu berharga mereka dan jangan pula menimbulkan beban baru," tutur Fasli.

Menurut Fasli, selain berdoa, para siswa harus berusaha keras dan bekerja cerdas. "Doa itu baik untuk menenangkan. Kita perlu berusaha, kita perlu bekerja cerdas. Tetapi, akhirnya tuntunan dari-Nya itu sangat penting," kata Fasli.

"Jangan berlebihan mengambil waktu berharga siswa karena mereka harus belajar", katanya.
Fasli menegaskan, selama istigasah tidak menimbulkan stres baru dan bertujuan membuat siswa lebih tenang, lebih percaya diri, dan siap secara psikologis, istigasah di sekolah dinilainya sah untuk dilakukan. 

 Sumber : edukasi.kompas.com

0 komentar:

Posting Komentar

 
Design by Free WordPress Themes | Bloggerized by Lasantha - Premium Blogger Themes | Blogger Templates